Semoga Gerakan Pramuka Menjadi Garda Terdepan dalam Membangun Karakter Bangsa

853
0
Kak Khofifah Indar Parawansa dalam pembukaan Jambore Pandu Sekolah Model, Rabu (20/03/2019). Foto-Humas Pemprov Jatim

SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa mengharapkan agar Gerakan Pramuka di sekolah-sekolah mampu menjadi garda terdepan dalam membangun karakter bangsa. Harapannya, dengan terbentuknya karakter bangsa yang kuat maka dapat mencetak generasi penerus bangsa yang tangguh, berkualitas dan berbudi pekerti luhur.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri acara pembukaan Jambore Pandu Sekolah Model dalam Penguatan Pendidikan Karakter dan Ekspresi Kebudayaan Provinsi Jatim Tahun 2019 di Aula Bung Karno, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Jalan Ketintang Wiyata No.15 Surabaya, Rabu (20/3).

Menurutnya, selain diajarkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, serta persatuan dan kesatuan, dalam kegiatan pramuka ini anak-anak juga ditanamkan semangat kepanduan, kerelawanan, serta kemandirian. Untuk itu, ia berharap kegiatan ekstra kulikuler lain di setiap sekolah mulai jenjang SD atau MI sampai dengan SMA/SMK atau MA, dapat ikut memberikan penguatan nilai-nilai kebangsaan tersebut.

“Saya minta sekolah-sekolah memperhatikan hal ini, namun pintu masuk paling sederhana dalam membangun semangat kebangsaan adalah melalu gerakan pramuka,” katanya.

Sebagai upaya mengembangkan kegiatan pramuka di Jatim, Khofifah berencana membangun bumi perkemahan di daerah Cerme, Kab. Gresik. Bumi perkemahan ini nantinya dapat digunakan sebagai lokasi outbond, jambore maupun kegiatan-kegiatan lain yang dapat menumbuhkan semangat nasionalisme.

“InsyaAllah dalam 99 hari program kerja, saya sudah koordinasikan dan komunikasikan terkait hal ini dengan pembina pramuka baik di provinsi dan kab/kota. Sehingga ke depan saya harap pembangunan nasionalisme dan karakter bisa kita introduksi lebih dalam dan lebih substantif,” katanya.

Sumber : Humas Pemrov Jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here